Didukung oleh

Amikom Blogger Community Goes To Karimunjawa

Loading

Karimunjawa Kawasan Pariwisata Kepulauan dan Taman Nasional

Karimunjawa, sebuah wilayah gugusan kepulauan berjumlah 22 pulau terletak di Laut Jawa, Jepara, Jawa Tengah. Pada tahun 1999 wilayah kepulauan Karimunjawa ditetapkan sebagai Taman Nasional dengan nama Taman Nasional Karimunjawa. Kemudian pada tahun 2001 sebagian luas kawasan TN Karimunjawa ditetapkan sebagai kawasan Pelestarian Alam Perairan.
Amikom Blogger Community Goes To Karimunjawa - Karimunjawa Pantai Pasir Putih
Karimunjawa (ABC) - Pantai Pasir Putih

Sejarah singkat Karimunjawa dan cerita legendanya

Sedikit cerita legenda tentang asal usul nama Karimunjawa. Konon Pulau Karimunjawa ditemukan oleh Sunan Muria. Dalam legenda itu diceritakan tentang Sunan Muria yang prihatin akan kenakalan anaknya, Amir Hasan. Karena ingin mendidik putranya agar lebih memperdalam dan mengembangkan ilmu agamanya, Sunan Muria lalu memerintahkan anaknya, Amir Hasan, untuk pergi ke sebuah pulau yang terlihat "kremun-kremun" (kabur) jika dilihat dari puncak Gunung Muria. Karena terlihat "kremun-kremun" maka pulau itu kemudian dinamakan Pulau Karimun.

Ekosistem di Karimunjawa

Banyak jenis makhluk hidup yang berhabitat di Karimunjawa. Sebut saja terumbu karang, hutan bakau, hutan pantai, serta hampir 400 spesies fauna laut, di antaranya 242 jenis ikan hias. Ditemukan juga hewan langka yang hidup di wilayah ini seperti elang laut dada putih, penyu sisik, dan penyu hijau.

Untuk jenis tumbuhan langka dan sekaligus sebagai ciri khas Karimunjawa yaitu dewadaru.

Ombak di Karimunjawa tidak terlalu ganas seperti pada wilayah perairan di bagian selatan Pulau Jawa. Ombaknya tergolong jinak dan dibatasi oleh pantai pasir putih halus.

sumber:
- id.wikipedia.org

0 comments:

 

Copyright © 2011 Master Putra | Design by Kenga